Minggu, 03 November 2013

Sehari Tanpa Gadget : Menjadi Juragan Waktu

Memang tidak bisa dipungkiri lagi kalau gadget menjadi suatu yang penting saat ini. Memiliki gadget yang keren nan canggih itu ibaratnya dunia ada dalam genggaman banget. Apa sih Gadget itu? Kalau versiku dalam mengartikan gadget itu ya barang elektronik yang canggih dan banyak sekali fungsinya selain berkomunikasi, salah satu contohnya hape yang semakin hari semakin sipp. Kembali ke tujuan awal salah satunya adalah untuk komunikasi, jadi kalau tanpa gadget pasti akan kelimpungan. Untuk yang terpisah jauh dari keluarga seperti kita yang tentunya selalu ditunggu-tunggu kabarnya #banyak fans.

Tanpa gadget mungkin memang merepotkan. Komunikasi dengan keluarga jauh terputus atau semisal ada hal-hal penting yang berhubungan dengan kita, informasinya akan tertunda, namun pasti ada positifnya tinggal bagaimana memaknainya. Memang gadget ini sangat-sangat lah memakan waktu apabila kita tidak bijak dalam menggunakannya. Aku termasuk orang yang lumayan sering mengalami :(.

Sebenarnya bebas gadget saat liburan itu sudah sering kita terapkan. Apabila tidak ada pekerjaan yang urgent, Notebook dan teman-temannya tidak boleh menyala. Terus hape juga dijauhkan, diangkat saat berbunyi saja, takutnya ada telepon atau sms penting. Karena memang hape masih aktif, kadang malah tidak berhasil, kita, aku dan ayah (yang paling parah aku) pasti masih sering cek dan ricek sosmed dkk hehehe.

Kalau aku mendapat tantangan untuk sehari tanpa gadget, apa yang akan dilakukan??

Langsung terbayangkan betapa panjang dan banyaknya waktu yang aku punya, Aku menjadi Juragan Waktu, karena juragan, jadi sangat kaya waktu kan, dan banyak yang akan aku lakukan. #lebay dikit :p

Yang pasti aku akan menggunakan waktuku untuk keluarga. Simple kan? Ga menarik? Standar ya? Biarin, karena pasti akan menyenangkan apabila barang ini sehari saja diliburkan. Seperti postingan yang ini, gadget juga bisa menjauhkan keluarga yang dekat loh, walaupun bisa mendekatkan keluarga yang jauh ya, dilema. Yang biasanya tangan kanan gendong Kynan dan yang kiri cek sosmed lah, sms lah, dan cek-cek aplikasi lainnya, untuk hari itu bebas. Kedua tangan untuk memelukmu princess-ku.

Bermain sepuasnya bersama Kynan, menemani kemana dia mau itu sangat menyenangkan. Dan yang penting tidak ada yang menggangu kecuali bapaknya ya hihihi. Seperti minggu ini, kita jalan-jalan bersama menghabiskan waktu dan rencana foto bersama pun terlaksana alhamdulillah.



pertama kalinya Kynan difoto orang yang tidak dikenal dan tidak candid, tegang banget ya :p

Serius membuat craf, sebenarnya sudah lama sekali tertarik dengan hal-hal semacam ini. Flanel, chrochet, banyak..Saat ini aku tertarik dengan craf dari flannel, dan pastinya bisa bermain-main dengan flannel saat libur dong ya. Biasanya saat Kynan sudah tidur, niatnya sih pegang itu flannel tapi sering kali terkalahkan oleh bunyi sosmed yang dari tadi “tang ting tung ting tung” hihi..

bisa bikinin Kynan macam-macam jepit nih :)
Membuat bolu kukus gundul. Kalau yang ini sebenarnya tidak perlu menunggu bebas gadget kali ya hahaha. Ya kan aku membayangkan tanpa gadget waktuku jadi banyak, jadi bisa praktek membuat bolu kukus mingkem ala Emak satu ini :p. Dari dulu cuma nyatet resepnya dan belum sempat dipraktekin jeh.

Saat bebas gadget sebenarnya bisa dilakukan dengan menekuni hobi dan kesukaan masing-masing individu. Bisa juga dengan mengalihkan pada kegiatan yang produktif dan menyenangkan. Misalnya berkebun olahraga, memasak dan masih banyak lagi. Walaupun tidak bisa sepenuhnya bisa lepas dari gadget, semoga hidup kita tidak tergantung oleh benda yang satu ini ya. Karena semua yang berlebihan apalagi sampai ketergantungan itu sangatlah tidak baik sodara-sodara. Memang gadget itu sangatlah bermanfaat. Jadi mikir, misalnya gadget kita hanya bisa untuk komunikasi seperti contohnya telepon rumah, apakah kita siap dan rela??
Hmmm dari lubuk hatiku sepertinya tidak rela hahahaha.


29 komentar:

  1. seharian main sama kynan pasti g kerasa mbk,ngebayangin banget riweuhnya dan capek....pasti tiba2 dah pagi aja,bgn tidur lgsung deh nyabet hape..mn hape mana hape... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl seharian maen sama anak saya pasti sangat kerasa... encok, pegal-pegal.... h-heee,

      tapi itu amazing! (kata tukul)

      Hapus
    2. mbak Hanna* haha iya mbak, dan kadang hp nya sampai dibanting Kynan buat mainan haha

      pak Pri* banget pak... campur-campur ya rasanya :)

      Hapus
  2. kalo nge-flanel seharian, pasti ga kerasa. serius....
    ada giveaway berhadiah flanel di blog saya. ikut ya...

    BalasHapus
  3. hahhaha iya bener gadget mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus pintar-pintar mengatur penggunaan gadget ya :)

      Hapus
  4. Kayaknya kalo gak pake gadget sehariiii aja, banyak bener yang bisa dikerjain ya mbak. Benar2 gadget menyita waktu kita, hihihi.. Salam buat si cantik kinan, makasih dah ikutan.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya, apalagi yang jauh dengan keluarga kayak kita, salam balik dari Kynan :)

      Hapus
  5. Kunikasi dalam diam itulah komunikasi akibat pemakaian gadget.. semoga menang..

    BalasHapus
  6. Gadgetnya bisa dipake buat mempromosikan hasil craftnya lhooo... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu masih belajar mbak, belum berani promosi hehe

      Hapus
  7. sehari aja ya mbak hehehe kalauberhari2 tanpa ponsel gak bisa aku. good luck ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak lid. sehari saja kok :)

      Hapus
  8. Assalamualaikum...singgah perdana dan salam kenal mbak...
    Wah ini namanya kecanduan gadget. tanpa gadget jadi galau bahkan bisa gaduh gelisah. tetapi bisa menyempatkan tanpa gadget dan merasa tanpa gadget mempunyai waktu yang banyak...termasuk sungguh hebat. Apalagi memanfaatkan waktu demi keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaiukumsalam, salam kenal terima kasih kunjungannya, iya ya mungkin bisa dikategorikan kecanduan ya? tapi menurutku masih batas wajar kok pak *ngeles :p

      Hapus
  9. sehari tanpa gadget, sama dengan sayur kurang garem...hambar kan?

    harusnya artikel ini menang di GA nya deh....bagus seh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin.. makasih kunjungannya :)

      Hapus
  10. Waah.. koleksi craft Kynan made in emaknya, pasti banyak dong....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhe, belum mbak.. bundanya masih sok sibuk ngontes nih hehehe

      Hapus
  11. Akhirnya juga banyak waktu untuk berbagi dengan keluarga ya Mbk.

    Semoga selalu rukun dengan keluarga Mbk.

    Sukses untuk ngontesnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin.. makasih ya doanya, salam kenal :)

      Hapus
  12. hehehe sehari tanpa gadget ternyata mudah yaa
    tapi kalo seminggu, kayaknya susah banget deh

    BalasHapus
  13. sehari tanpa internet masih byk kegiatan yg lain ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak myra,, memang kadang jadi sok sibuk gara-gara gadget :p

      Hapus
  14. Senang kalau bisa melakukan kegiatan yang kita sukai! Gadget kenyataanya sering menunda apa yang harus kita kerjakan bahkan melupakannya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pak, semoga kita semakin bijak menggunakan gadget ya :)

      Hapus