Kamis, 05 Februari 2015

Pisang Goroho

Kali ini ingin bercerita tentang per-pisangan. Yup pisang, bukan pisah ya hihiii. Jadi di Gorontalo itu lumayan banyak pisang dan harganya lebih murah dari pisang didaerah rumah saya di Malang selatan sana. Biasanya nama pisang pun berbeda disetiap daerah. Nah yang ngetop di Gorontalo dan sepertinya di daerah Sulawesi Utara (cmiiw) adalah Pisang Goroho. Pisang yang menurut saya tidak ada di daerah Jawa, mencari nama lainnya pun tak ketemu, misterius ya hhehee. Umumnya pisang goroho ini berasal dari Kotamubago di daerah Sulawesi Utara. 

Yang unik adalah, pisang ini dikonsumsi saat mentah. Saat mentah tapi sudah tua begitu lah. Karena katanya kalau sudah matang malah kurang enak, daging pisangnya asam. Jadi pisang masih berwarna Ijo royo-royo dan keras sudah diperjualbelikan dan harganya lebih mahal dari jenis pisang lainnya. Oh ya pisang goroho juga ternyata baik untuk yang penderita diabetes, nanti googling sendiri yaa, saya lupa linknya :)

Pisang Goroho siap diolah, masih fresh, seger, ijo :)

Olahan pisang goroho juga terbilang gampang. Bisa digoreng kering, setengah matang atau dikukus. Ini olahan yang sudah pernah saya cicipin ya. Di goreng kering, ada beberapa cara penyajian juga. Setelah dikupas pisang dipotong memanjang tipis-tipis, bisa juga dipotong memanjang seperti stik kentang, cuci bersih dan rendam sebentar dengan air garam kemudian goreng kering. Kalau mau setengah matang juga bisa, potongnya jangan terlali tipis, supaya agak kenyal begitu. Pisang mentah dikukus? Yup..untuk pisang goroho, walaupun mentah namun tidak ada rasa pahit atau sepat sama sekali. Biasanya camilan pisang ini disajikan dengan sambel sagela atau sambal roa, bisa juga dengan sambal dabu-dabu khas sulawesi,tapi pakai sambel terasi juga enak hehehee. 

Kalau belum pernah coba, pasti penasaran dan merasa aneh makan pisang goreng dengan cocolan sambal hihiii. Sebenarnya (menurut saya yang sok tahu ini hahhaa) rahasianya terletak pada pisangnya. Kebanyakan pisang goreng disini bukan pisang goreng yang manis, menunggu matang pisang baru digoreng, tapi pisang yang mentah atau masih mengkal jadi saat dicocol dengan sambal wowww enak banget. Apalagi pisang goroho ya memang saat mentah dikonsumsinya :). 

  

Maaf, tidak ada foto yang sudah matang. Selesai di goreng, belum di foto sudah di santap hihihi. Kalau goreng lagi, insya allah diupdate plus sambal sagelanya yaaa, sambalnya juga masih pesan sama teman kantor hihiii. Happy Thursday everyone :D

15 komentar:

  1. wah,baru denger..jadi makannya pas belum matang gitu ya mbak,piye rasane??sepet nggak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, enggak mba gak pait ataupun sepet, gurih :)

      Hapus
  2. Besar juga bentuknya. itu yang ijo2 gitu dimanakannya, mbak?, kalau nunggu menguning (masak) gak enak yah?, waaa.. benar misterius :D. berkhasiat untuk penderita diabet juga, wa baru tahu pisang juga bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang lebih besar loh,ini malah tergolong kecil :), iya ini dikupas langsung di goreng atau rebus, katanya kalau sudang malah asam, dan saya tidak pernah lihat yang menguning gitu hihiii. Kalau buat obat diabetes, yang direbus :)

      Hapus
  3. oo baru tau ada pisang yang namanya pisang goroho..dan penasaran ama rasanya kalo dimakan pake sambel deh mak Noph..^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak enak...gurih hihiihi. Tapi disini jenis pisang apapun makannya sama sambel mak :p

      Hapus
  4. Hay nophi, slm kenal ya... itu btw pisanng yg biasanya dirujak ap ya.,...

    mampir jg k blog aku y di www.gembulnita.blogspot.com yaaa...trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga... salam kenal, bukan , ini bukan yang dirujak hijaunya mirip yaa hihiii

      Hapus
  5. Hay nophi, slm kenal ya... itu btw pisanng yg biasanya dirujak ap ya.,...

    mampir jg k blog aku y di www.gembulnita.blogspot.com yaaa...trims

    BalasHapus
  6. Qta di rumah so biasa Noph makan pisang goreng deng sambal.. ahaha....
    Enaaak...

    BalasHapus
  7. aku dulu belom bisa membayangkan, pisang goreng dimakan sama sambal, apa enaknya?
    kemudian waktu berkunjung ke manado, ketemu pisang goreng sambal
    ternyata uuuueeenaaaaaaaakkkkkk pooool !!!
    hahaahaa

    BalasHapus
  8. Pisang goroho uenak tenann,,kbetulan saya orng kotamobagu.klo ke mnado wajib coba pisang goroho.hehehe sukron.salam knal mb nophi

    BalasHapus
  9. Pisang goroho uenak tenann,,kbetulan saya orng kotamobagu.klo ke mnado wajib coba pisang goroho.hehehe sukron.salam knal mb nophi

    BalasHapus
  10. Ohhh yg ini too namax pisang goroho,, klo di daerah saya (duri sul_sel )namax pisang pulut, ato bugisx pisang cerek, mang mantap diolah selagi masih mentah, klo da menguning kulitx biasanya rasax masem....

    BalasHapus
  11. Ohhh yg ini too namax pisang goroho,, klo di daerah saya (duri sul_sel )namax pisang pulut, ato bugisx pisang cerek, mang mantap diolah selagi masih mentah, klo da menguning kulitx biasanya rasax masem....

    BalasHapus