Selasa, 24 Februari 2015

Ayo main!!!

Kecanduan follow akun yang berhubungan dengan kegiatan DIY untuk permainan anak-anak, stimulasi anak, ide-ide kreatif bermain sambil belajar. Iya, saya sedang kecanduan kepo instagram ibu kreatif hehehe. Scroll kebawah buat mencari inspirasi, mana-mana yang bisa diterapkan dan untuk dipraktekkan dengan Kynan di rumah.

Kynan, alhamdulillah yang dalam masa pertumbuhan, semakin aktif segalanya ya motoriknya ya emosinya, semakin tumbuh juga egonya, dan menjadi agak sulit dalam penanganannya. Contohnya saja untuk emosi, sempat Kynan mengalami masa dan tahapan yang "keras". Yang maunya dia harus diturutin, gak boleh enggak. Kadang bisa jadi pemarah, kadang cenggeng, labil lah dan seringnya dia susah buat ngungkapin apa maunya, seperti hilang arah hehheee *bunda lebay. Bisa disebut tantrum. Belum lagi kalau ketemu orang asing, masih belum bisa mengendalikan diri. Semua dianggap ancaman, disapa pun jatuhnya jadi marah dan nangis. Ya mungkin khas anak-anak banget ya, apalagi sering kita jumpai pula anak-anak seperti itu. Tapi apa karena biasa kemudian didiamkan saja? tanpa solusi? 

Walaupun sebagai orang tua kami tidak keberatan, tapi kan ya lama-lama jadi capek dan harus punya extra sabar. Luput sedikit saja sabarnya, nanti malah taring dan tanduk yang keluar, apalagi saya hahahaha. Kok ya entah bagaimana awalnya saya follow akun instagram ibu Stella, tertarik kok kak Daffa bisa nurut dan terarah begitu bermainnya. Tanpa drama itu penting hihiii. Scroll kebawah, ternyata memang tidak mudah sih membentuk karakter anak dan menemukan apa yang membuat dia nyaman. Apalagi Kynan yang anaknya termasuk keras plus tidak bisa dikerasin, dan kabar baiknya sepertinya mirip dengan karakter kak Daffa ini. Beberapa kali terlibat tanya jawab sama ibu Stella, akhirnya saya mencoba saran bu Stella, mengarahkan Kynan pada hal-hal yang bisa menyalurkan emosi dan menemukan sesuatu yang membuat dia nyaman. Ayo bermain!! bermain yang terarah :)

1. Langkah awal adalah memperbaiki mood dan menambah kadar sabar yang extraa banget bagi orang tuanya. Menyaring semua kata-kata dan menggunakan yang sesuai umur anak. Mengurangi perlahan larangan atau ancaman dan hal-hal negatif dengan menjelaskan kepada anak. Ini agak susah sih, apalagi kalau sudah esmossi dan lapar hahaha
2. Mengajak beraktivitas bersama, tanpa paksaan. Jadi kita bisa menyiapkan mainan sederhana namun punya aturan main. Perlahan kita jelaskan tentang aturan mainnya. Biasanya gagal karena anak cenderung akan main sesukanya. Biarkan dan ajak lagi. Saya kebanyakan nyontek permainan dari ibu stella dan ibu yang lain di instagram
3. Freeplay, berikan waktu bermain anak yang tanpa aturan sama sekali. Dia bebas berekspresi 
4. Beri permainan yang merangsang motorik halus dan kasar agar seimbang. Tidak ada aturan kok anak cewek tidak boleh main panjat-panjat kursi, karena itu mengasah motorik kasarnya, asal tetap dalam pengawasan dan berikan penjelasan memanjatnya harus ada ibu atau ayah. Tidak ada aturan juga anak laki-laki tidak boleh bermain sewing board karena itu bisa mengasah motorik halusnya.

Dengan begitu anak akan punya kegiatan yang terarah, ketika kegiatan terarah, seimbang semua kebutuhannya, anak akan lebih mudah mengungkapkan emosi dan ini memudahkan ibu untuk berkomunikasi, Memang sih setiap anak berbeda, namun tidak ada salahnya kan dicoba :). Apalagi kalau mau sekarang banyak banget konten gratis yang bisa donload worksheet atau activity sheet, tinggal menyesuaikan dengan usia anak. Seperti matching picture itu saya donload dari BusyLittlebugs.

freeplay..melukis :p
Matching matching...matching.....
Waktu saya posting foto-foto Kynan dengan kegiatannya, ada teman yang bertanya "...kok bisa?, kalau anakku gak mau dan gak fokus, lari-lari terus....."
Sebenarnya sama saja, Kynan juga begitu. Awal dulu juga tidak bisa "anteng" rapi, Tapi dengan diajak terus menerus insya allah anak jadi mau dan tertarik. Jangankan dulu, sekarang saja kalau permainannya tidak menarik anaknya juga tidak mau hehehe.
Hal positif yang saya rasakan sekarang banyak sekali, Kynan semakin dekat dengan saya sampai drama kalau ditinggal hahaha. Motorik halus dan kasarnya semakin terasah, emosinya, sabarnya juga sudah bisa dikendalikan. Alhamdulillah. dan yang paling bikin meleleh adalah saat Kynan nagih, 
"bunda, kita main apa??"...dan emaknya yang bingung hahaha "tunggu nak, nyontek dulu emak yaaa " hihiiii 
Semoga menjadi anak sholeha ya nak, sehat selalu dan pintar aminnn :D
Ini parade beberapa foto bermainnya Kynan, sudah tampil di Instagram bunda sih hehehe, jangan bosen yaaa :)


tempel menempel..

anyone?? jualan nih :p

ini sok sibuk..ikutan bunda nyiapin mainan :)

yeayy dinosaurus...

Face painting... seruuu...

Susah bun ambilnya..!! :p

what is this??

Sensory play.. cool...

diobok-obok esnyaaa, 

prewriting, Kynan love it !!



38 komentar:

  1. ini nih,ibu kreatif....harus dicoba terus ya mbk kalo anaknya lari2an dan nggak fokus,namanya juga perjuangan hehehe..tapi kalo dah ketagihan,pasti mamanya tambah exited bangettt....itu face paintingnya lucu hahahaha..seruu seru..jadi pengennnn ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, namanya juga anak-anak hihiii,
      ayo main face painting juga :p

      Hapus
  2. mak Nooph...waktu liat di IGdirimu, aku kagum loh ama cara menstimulasi Kynan dengan banyak permainan kayak gitu... kreatiiif ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee tapi masih nyontek semua mak Des... belum bisa ciptain permainan sendiri :p

      Hapus
  3. sangat mengasah kreatifitas anak ya mak... Kynan lucu deh...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaaa daripada kecanduan gadget lebih baik diajak sibuk dengan bermain,

      Hapus
  4. mau follow IG nya nophi aah,, IG nya ibu stella apa noph?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah aku follow juga mba Di... :), kalau IG nya bu stella @stellasutjiadi atau @iburakarayi juga bagus mbaa, selamat berkepo hiiiihii

      Hapus
  5. jadii.. emaknya harus kreatif juga ya mbak buat ngajarin anaknya.. *manggut-manggut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya gitu yu hihiii, yang jelas ibunya juga harus banyak belajar *selfreminder :p

      Hapus
  6. Hai, Mbak Nophi. Salam kenal :)

    Jadi emak itu kudu kreatif, ya?
    Kudu bisa banyak ngajarin anak ^_^
    Itu yang nempel2in di kertas origami dengan gambar bunga aku jadi penasaran
    Pengen belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbaaa... ah ini gampang banget kok buatnya :)

      Hapus
  7. kreatif bgt nophi..
    Kynan keren deh..bisa anteng gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih belajar mbaa hehee, semoga emaknya istiqomah mba doain yaa :)

      Hapus
  8. sambil main bisa mengenal berbagai hal ya

    BalasHapus
  9. Jadi ingat waktu masih anak2 :)

    BalasHapus
  10. nikmatnya zama sekarang itu memang banyak worksheet gratis hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiiii betul banget mbaa, tinggal klik dan print hihii

      Hapus
  11. wah bunda-nya kreatip dewh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma niru kok mba, belum kreatif ini hihihii

      Hapus
  12. wew! seru yah noph...
    mengasah kreatifitas Kynan nih Noph...
    ntar tau2 kynan bikin sesuatu yg baru.. yah gak kynan.. hehehe...
    semangat yah kynan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Tia, seneng kalau pas moodnya bagus, kalau enggak ya harus sabarrr hihii

      Hapus
  13. aihhh kreatipnya, si kecil jadi teransang untuk belajar ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuannya begitu mbaa, semoga tercapai amin :)

      Hapus
  14. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  15. Bundanya telaten dan sabar banget, ya. . .
    Kalau nanti ketemu aku, jangan takut ya, Kynan. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaahaa, ayo tante main sama Kynan :)

      Hapus
  16. kereeen
    mainannya udah kayak mainan di sekolah sekolah alam gitu...

    what a good mom!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba Elsa,, ahh ini masih amatir banget mbaaa :)

      Hapus
  17. aku mau ikut main dong
    boleh ya?
    boleh ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget Dija, yuk yuk yukkk... mau main yang mana dulu ya kitaaa :)

      Hapus