Kamis, 24 April 2014

Bila Anak Rewel

Salah satu dilema orang tua bekerja adalah saat harus pergi keluar kota dan meninggalkan anak sementara. 
Apalagi untuk yang jauh dari keluarga dan tidak memiliki ART 24jam di rumah *seperti aku tentunya :p. Hmmm Kynan itu tipe anak yang susah dengan orang baru, selalu ngintilll sama emaknya, walaupun ada ayah dia akan selalu memilih si emak. Sampai- sampai hanya untuk ke kamar mandi saja, susah sekali dilakukan. Sampai segitunya lah, kita mikirnya sih mungkin karena Kynan masih ASI jadi ketergantungan sama aku besar banget *analisis asal. Terus dia itu hafal jam aku pulang kantor, jadi misal harus lembur atau pulang telat pasti akan terjadi huru hara dengan Kynan di rumah. Mungkin bentuk protesnya dia ya. Jadi... susah pokoknya, misal aku harus keluar kota pun, harus menyiapkan mental kita sendiri dan Kynan tentunya hehehe. Jadi si ayah tidak berani kalau harus berdua saja di rumah, tidak sanggup dan bingung kalau nangis mau diapain. Yaa wajar sih ya, aku memaklumi. Akhirnya pilihan menitipkan Kynan di orang tua aku menjadi salah satu pilihan walaupun jauhhh di Malang sono hohoho. 

Eh tapi.. seiring berjalannya waktu, Kynan sudah lebih terkendali. Sering kali aku pulang telat sudah enggak ngamuk-ngamuk lagi. Tenang.. bermain sama ayah yang sudah pulang duluan. Sampai akhirnya aku harus ke Makassar dan si ayah berkata kalau Kynan sama beliau saja, tidak perlu dititip di Malang. Sumpeh lo?? yakin??. Memang sih kan saat jam kerja Kynan sama mbak pengasuh dan sekitar jam 5 sore, baru sama ayah jadi tidak terlalu berat juga sih ya hehe pisss.. Dan alhamdulillah seminggu aku tinggal tidak terjadi cerita drama mencekam. Hanya sedikit rewel dan nangis yang teratasi dengan baik. Well done ayah.  *peluk ayah

Karena berada pada pihak yang selalu dicari sang anak, jadi aku belum pernah merasakan bagaimana repotnya menangani anak yang ngamuk gegara mencari seseorang. Dan......begini ternyata rasanya T_T.
Sebenarnya sudah terbiasa ditinggal ayah tugas keluar kota untuk beberapa hari, namun untuk kali ini berasa lebih berat. Mengapa?? Karena si nduk cilik sudah mengerti dan mengenal sosok ayah dengan baik. Sudah bisa nyariin ayahnya gitu lah. Kalau malam tiba-tiba bangun dan cari ayah. Bangun pagi, mana ayah??. Aku pulang kerja, ayah mana? hmmm, kalau moodnya bagus aku cukup bilang "ayah belum pulang, masih kerja". Kalau lagi gak bagus... nangis kejer deh, dan senjata pamungkas yaitu ASInya pun ditolak metah-mentah hohoho. Bingung sih awalnya, apalagi kalau tengah malam, kadang bisa nangis sampai capek dan ketiduran lagi hehehe. 

Selama 3 hari ini, aku bisa menarik kesimpulan sederhana, apa-apa yang harus aku lakukan saat Kynan rewel dan mencari ayahnya. Lumayan terkendali lah, memang benar kata pepatah ya "Pengalaman adalah guru yang terbaik" :)
  • Tenang, tahan emosi dan tidak ikut panik. Dengan kita tenang, akan lebih mudah berfikir "nih anak mau diapain biar diem" dan akan cepat menemukan solusinya. Kadang saat ikut panik, malah emosi cenderung akan marah-marah dan membuat si anak semakin parah.
  • Mengalihkan perhatian dengan mengajak bermain, nonton video, baca buku,
  • Memberi pengertian perlaha-lahan. Kalau Kynan tambah nangis sih biasanya, tapi setelah itu diem sambil wajahnya mikir gitu hehehe
  • Mengajak jalan-jalan. Biasanya dia akan ingat dan mencari ayahnya lagi saat suasana di rumah sepi dan dia sudah bosan. Jadi dengan mengajak jalan-jalan keliling komplek bisa membuat lebih tenang. Tapi tidak bisa dilakukan saat tengah malam :p
  • Pastikan tidak sedang lapar dan mengantuk hehehe. Hal ini bisa merusak mood anak dan bisa jadi pemicu rewel.
  • Lebih banyak meluangkan waktu untuk menemaninya. Karena si anak pasti merasa kehilangan selama formasi keluarga tidak lengkap, jadi sering temani supaya merasa aman.
  • Berfikir positif. Saat kita berfikir akan rewel, pasti nanti anaknya rewel deh. Jadi harus percaya diri :D
  • to be continue....

Hebat ya si ayah, bisa mengatasi Kynan saat aku tinggal *bangga . Dan, kayaknya si ayah senang banget deh dicariin anak gadisnya sampai nangis-nangis gitu, so sweet katanya hehehe. Oke kita lanjutkan perjuangan menunggu ayah pulang hari minggu depan, oke Kyn??? *tosh

Bangun tidur, cari ayah sampai manyun terus minta nonton Syamil dan Dodo :p


48 komentar:

  1. berfikir postif point yang penting bgt ya,,,,wah heubat dunk ayah ya dah bs nangani kynan...

    Kynan masi nungguin ayah ya, anak ayah bgt ya...

    (kalau anak gelisah biasanya pas tdr diselimutin sarung ayahnya beneran kho jadi anteng..hi hi iseng aja ngikutin sarannya si teteh dirumah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, masih tetep nanya ayah mana teruss hihihi, eh iya ya aku juga pernah denger yang mba, nanti deh dicoba kan tidak ada salahnya :-)

      Hapus
  2. wii kynan anak ayaah,, hebat itu ayahnya kynan,, kl suamiku mmmm ga yakin deh,,hihihihi
    wah toss dulu ah sama kynan, fadhil juga ngefans berat sama syamil dodo,, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu juga tidak berani mbak, tapi nekat saja ternyata katanya tidak semenakutkan yang dibayangkan hihi.. Tosh jugaaa sama fadhil :-)

      Hapus
  3. Dulu waktu ada tugas ke Jakarta (pdhl cuma sehari tok), Zaki langsung demam tinggi... Trus kapan lagi pas ada rencana ke Jakarta lagi, Zaki jatuh sakit lagi (akhirnya gk jd berangkat)... kyknya saya ini gak boleh pergi jauh2 deh...

    *tp suatu saat harus dicoba lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal baru rencana, udah sakit ya pak... wehh sepertinya harus ajak-ajak kalau pergi pak :-)

      Hapus
  4. hahahahaha...ayah keren ya,emaknya juga keren xixixiixi.....catet ah buat bekal ke sekolah.eh buat bekal kalo punya dedek ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii catet yang rapi ya :-)

      Hapus

  5. kunjungan perdana, salam perkenalan, silahkan berkunjung balik ketempat saya, saya punya banyak vcd pembelajaran untuk anak2, barangkali mempunyai adik,keponakan atau mungkin anak yang masih kecil, vcd ini sangat membantu sekali dalam mengasah kecerdasan dan kemampuan otak anak, serta bagus untuk membangun karakter dan moral anak sejak usia dini, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila tdk berkenan, trm kasih ^_^

    BalasHapus
  6. berkunjung siang, salam persahabatan

    BalasHapus
  7. Anak perempuan itu Katanya dekatnya sama ayah ya mak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya sih begitu mbak, kalau Kynan sehari-hari sih biasa saja,tapi waktu ditinggal gini baru tahu kalau rindu ayahnya :-)

      Hapus
  8. Karena bonding dengan emaknya juga kali ya mbak hehehe

    BalasHapus
  9. Karena bonding dengan emaknya juga kali ya mbak hehehe

    BalasHapus
  10. yang pasti kitanya jangan panik.. tetap bersikap tenang ketika anak rewel thanks infonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama semoga bermanfaat :-)

      Hapus
  11. Aku jadi ingat dengan salah satu tayangan di Tr*ns 7 ., waktu itu katanya ada cara jitu membuat anak kecil berhenti nangis seketika. Mau tau gak caranya? Yess, Vaccum Cleaner! Jadi bisa tambahin caranya agar anak gak rewel cari bapaknya (Antara percaya gak percaya) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memangny vacum cleanernya diapain??tapi aku belum punya sih hehe

      Hapus
  12. entah bener apa enggak. Katanya kalau anak rewel saat ditinggal sama org tuanya itu karena org tuanya lagi inget sama anak. Mungkin ayah Kynan lagi inget sama Kynan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya katanya sih begitu mbak hehee

      Hapus
  13. Wah, bagus nih tipsnya (padahal belum punya anak, hehehe).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp Indy, kan buat pengetahuan :-)

      Hapus
  14. Memang ortu akan senang jika dicariin anaknya... itu artinya sang anak merasa dekat dan sayang padanya kan? Justru akan sedih banget jika malah dicuekin ama anak kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi iya betul sekali, untunglah walaupun tiap hari sam pengasuh Kynan masih suka nangis kalau kita tinggal :-)

      Hapus
  15. dulu juga Kanaya sering begitu tapi seiring waktu alhamdulillah sekarang sudah lebih mengerti kalau bundanya telat pulang ga ngamuk lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Kynan juga seperti itu, memang butuh proses ya mak :-)

      Hapus
  16. Rewel terkadang menjadi senjata puh bagi anak kecil untuk minta ini itu kan ya, Mba. Hahaha

    Iya, kalau anak ngantuk kdg emang rewel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, pengalaman pribadi ya Idah?? Hehehe, kalau Kynan seringnya minta dibukain pintu kulkas trus jongkok didepan kulkas terbuka haduhh

      Hapus
  17. Perjuangan orang tua untuk seorang anak itu luar biasa ya mbak, kalau ga kerja, bagaimana mempersiapkan masa depannya, secara jaman sekarng gitu lo, apa-apa serba mihil bingits...kerja, pasti dengan hati gundah gulana setiap ingat anak, jadi intinya SEMANGAT!!! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, semangat saja wes hehe, semoga keputusan untuk bekerja bisa jadi ibadah dan bermanfaat bagi semua :-)

      Hapus
  18. kunci utama nya memang harus tenang dan sabar ya. biasanya para orang tua gagal nya di situ :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, saya juga kadang gagal disitu hehe

      Hapus
  19. wuih.. kynan deket banget ya sama ayahnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan mbak, dan baru nyadar saat ditinggal begini :)

      Hapus
  20. Sesuatu ya nophi ketika anak kehilangan formasi lengkap keluarga. Jadi rewellll....
    Tetep semangat nopi, episodenya sedang menunggu ayah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, mana sendirian lagi hehehe... Makasih yaa :)

      Hapus
  21. balada anak rewel never ending di rumahku, skr udah mendingan si kakak bisa komunikasi bae2 tapi sekarang giliran adek2nya...lama2 si emak kebal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha seru ya mbak, setidaknya udah under control kan :p, da pasti itu nanti yang dikangenin saat mereka sudah besar :p

      Hapus
  22. benar banget mbak, kalau sibuah hati udah rewel, diperlukan kesabaran dan ketelatenan yang kuat, kalau tidak bisa-bisa kita ikut-ikutan rewel,,, hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, saya sering ikutan rewel hehe

      Hapus
  23. Selamat Pagi Admin,kesehatan anak suatu nikmat yang luar biasa.terima kasih sharingnya bisa jadi masukan saat anak lagi rewel.sukses selalu

    BalasHapus
  24. Pagi Admin,kemarin anak saya juga habis rewel.terima kasih ilmunya bisa jadi referensi.sukses selalu

    BalasHapus