Selasa, 07 Januari 2014

Sariawan


Siapa yang belum pernah mengalami sariawan? Dan hari ini tibalah Kynan yang harus mengalami. Semangat ya nduk. Kita saja orang dewasa saat sariawan sakitnya ampun ampuuun kan? perih, panas pokoknya nano-nano, kebayang betapa sakitnya kan?. Tidak tahu berawal dari apa dan darimana, sabtu pagi badan Kynan anget, akhirnya ajakan berenang pun dibatalkan, digunakan di rumah untuk istirahat saja. Ternyata badan Kynan semakin panas, sampai hari minggu pun masih tetap seperti itu walaupun sudah minum obat penurun panas. Awalnya kita tidak menduga tentang sariawan, karena Kynan masih mau makan, minum, nenen, dan ngemil seperti biasa. Tapi hari minggu siang dia sudah mulai setiap makan selalu menangis, minum pun dengan raut muka yang aneh. Selidik punya selidik, saat si emaknya ini tidak sengaja melihat ada sesuatu dilidah Kynan. Yup.. sariawan yang lumayan besar, belum lagi gusinya yang bengkak dan merah . Gigi geraham Kynan mau tumbuh. Memang disini, mitos atau entah apalah yang sering dikatakan dan dipercaya orang-orang kalau saat para baby mau tumbuh gigi pasti akan sakit. Entah badannya panas ataupun diare ringan. Benar gak sih? kayaknya mitos ya? tapi itu kejadian sama Kynan, jadi tiap giginya mau nonggol jadi panas badannya. Haduh berapa gigi lagi nak?? masih banyak ya hiks...
Okey kembali ke sariawan,  Kynan sudah tidak mau makan, kalau pun mau hanya satu, sampai tiga sendok saja. Dan.... tidak mau minum susu, tiap kali mau nenen nangis guling-guling, karena perih di lidahnya itu, terus saat minum susu UHT kalau kena sedotannya juga udah enggak mau. Kayaknya dia lapar tapi susah untuk memasukkan makanan karena sakit saat nyenggol sariawannya itu. Ke dokter, dikasih obat dan vitamin.c serta sedikit omelan DSA tentang berat badan Kynan yang enggak masuk minimal berat badan ideal minimum anak seusianya. Si emak dan  bapaknya bingung juga mau dikasih apaan, apalagi Kynan terbiasa nenen untuk pengantar tidurnya, walhasil sudah dua malam nangis terus kalau mau tidur, bertambah galaulah si emak dan si bapak dudududu. 

Sebenarnya heran juga sih, kalau DSA nya bilang, ada sariawan di bawah lidah dan diujung depan, analisanya karena kurangnya vit.c padahal si Kynan doyan banget makan jeruk dan kita juga sering beliin dia karena doyannya itu, apakah masih kurang ya vitamnin dari jeruk itu, Kynan juga termasuk yang mau makan sayur, asal disesuaikan tekstur untuk makanannya. Penasaran sih dan saat googling ternyata penyebab sariawan itu tidak hanya kurang vitamin c saja, ini beberapa penyebab timbulnya sariawan pada anak maupun orang dewasa :

1. Stomatitis Apthosa, sariawan ini disebabkan adanya trauma, misalnya tergigit atau tergores saat sikat gigi. Bagian yang luka dapat menyebabkan kuman masuk dan terinfeksi.
2. Oral thrush/ moniliasis, sariawan disebabkan oleh jamur Candida albicans yang bersarang di lidah. Jamur ini mudah tumbuh bila daya tahan tubuh si kecil menurun.
3. Stomatitis herpetic, sariawan disebaabkan oleh virus Herpes simplex. bersarang di belakang tenggorokan.

Beberapa cara untuk mencegah sariawan, sebaiknya selalu menjaga kesehatan mulut dan gigi. memberi asupan makanan  dan minuman yang sehat dan bergizi, menjaga daya tahan tubuh apalagi cuaca yang selalu berubah dengan cepat.

Sekarang apa yang harus dilakukan?, aku sempat bingung sekali karena Kynan sama sekali tidak mau nenen dan minum susu UHT sedikit sekali. Padahal selama ini, saat dia sakit nenennya bertambah banyak, lah sekarang? takut saja kalau sampai dehidrasi, jangan sampai ya... Untuk saat ini selalu aku tawarkan makanan dan minuman, entah mau di makan atau di buang karena dia marah. Memberi minuman segar, tidak terlalu dingin seperti susu UHT, sari buah, madu, jeruk yang baru keluar dari kulkas, puding susu, bubur nasi. Dan makanan lain pokok anaknya mau makan. Tentunya juga diberi obat dari dokter ya. Semoga Kynan cepat sembuh dan mau nenen lagi. Yang ibu-ibu pasti tahu kan sakitnya saat anak tiba-tiba berhenti nenen hmmm, dan semangat untuk ayah begadangnya :)


Kynan heran lihat emaknya narsis hehehe


Pose dulu sebelum ke dokter :)


sumber :







47 komentar:

  1. Raffa November lalu jg sariawan, gak mau nenen juga...makan juga,setelah seminggu berlalu akhirnya semua normal kembali..Mdh2an Kynan lekas sembuh ya sariawannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mbak, iya nih mbak kasihan enggak mau makan dan minum

      Hapus
  2. Semoga Kynan segera sembuh ya Mba.
    Kata dokter juga gitu, kalo anak lagi sakit dan gak mau makan, tawarin aja macem jus dan makanan cair. Malahan dokternya Aaqil suruh kasih eskrim kalo misalkan makan makanan lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Dan.. aku juga baca gitu, belum pernah nyoba sih kasih es krim takut ketagihan hehehe #emakpelit

      Hapus
  3. bsa jg kekurangan cairan ... dan mash bnyk penyebab lainya ... sbenarnya buat sariawan tingkat biasa sh tanpa diobatin pun akan sembuh sendiri ... hehehe coba untuk pencegahan pakai past gigi herbal ... (atau sdh pake itu yah :D)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kalau dewasa kayak kita memang bisa pakai pasta gigi herbal, la Kynan masih belum kayaknya Fiu T_T

      Hapus
  4. dari fotonya, kyknya ibu'e Kynan yg lg sariawan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, itu akting sariawan pak, yang sariawan beneran malah enggak mau pose :p

      Hapus
  5. Udh kbayang gimana galaunya ank g bisy tidur hehe...mbayangln aja tp ngalamin blm hehe...cpt sembuh kynan ssxangggg...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak, hehehe iyaa, ikutan enggak boleh tidur juga pastinya mbak :p

      Hapus
  6. dewasa saja kalau sariawan malas makan ya mbak, apalagi anak-anak. Kasiham. semoga cepat sembuh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Lid, kebayang deh pedihnya :(

      Hapus
  7. Semoga Kynan cepat sembuh ya mbak...

    Jika ada harapan dan impian yang sudah/akan diwujudkan mari berbagi kisahnya di GA Kolaborasi.. Ada hadiah-hadiah menarik lho.. ayo ikutan di http://garammanis.com/2014/01/01/giveaway-kolaborasi-apa-impianmu/

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, terima kasih :)
      oke, menuju TKP yaa :)

      Hapus
  8. Semoga cepet sembuh Kynan.. Dzaky pernah tuh sariawan gt. Kasihan bgt. Anaknya laper, mau makan.. Tapi pas makanan masuk langsung nagis, atau pernah saking lapernya dia ngunyah sambil meneteskan air mata. enggak tega... Semoga Kynan kuat yaaa ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Tik, kasihan.. kelihatan banget lapar tapi mau makan sama minum sakit banget kayaknya jadi cuma bisa nangis sambil lihatin makanannya,

      Hapus
  9. Menurut salah satu referensi kedokteran, sariawan identik dengan stress terhadap suatu hal, yang dipicu kekurangan vitamin c.., ayo.. ibu Kynan ini mikir apa sampe sebegitunya ,sehingga menyebabkan sariawan.. D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mikir apa ya Kynan ini om Hari?? hehehe, yang sariawan Kynan om bukan ibunya :)

      Hapus
  10. Kasihan Kynan, semoga lekas sembuh ya, Kynan....

    BalasHapus
  11. waa..kynan senasib sama ikhfan. 4 hari yang lalu ikhfan juga sariawan ampe badannya panas. Aku cuma kasih dia madu dan vitamin. makanan apa pun ga masuk karena perih. Obat kumur dari dokter ga tak kasihkan karena kudu "perang" sama ikhfan. Alhamdulillah sekarang dah ok..
    semoga kynan cepet sembuh juga ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kompak ya Kynan sama ikhfan hehehe, alhamdulillah sekarang udah lumayan membaik :)

      Hapus
  12. gws KYnan... :,(
    paling sutris deh kalo anak udah ga mau makan apa2, apalagi pas lagi sakit..huhuhu yang sabar ya maak... *peluukk*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, paling galau kalo gk mau makan dududu

      Hapus
  13. cepet sembuh ya kynan..
    duh kita aja org dewasa suka sengsara klo sariawan, gmn anak kecil :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, pasti sakit banget, makasih ya :-)

      Hapus
  14. gws Kynan,
    Tp sariawan pada dasarnya bukan sebab akibat dr satu faktor aja mba, setahu aku. Dengan kata lain, ada beberapa penyebab'a selain kekurangan vitamin c

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih andy,
      iya sih memang banyak faktor ya :)

      Hapus
  15. Adududuh, kasian Kynan.
    Benar, orang dewasa yang grahamnya mau tumbuh saja sakit dan pegelnya minta ampuun. Ini malah anak kecil ya.

    Cepat sembuh ya, Kynan. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kakak idah, makasih ya..
      betul betul pegel memang dududu

      Hapus
  16. sariawan yak?
    jangankan buat anak.. kita aja kalo sariawan tersiksa banget kan?!
    mendingan dicipok maudy ayunda dah daripada harus ngrasain sariawan :D

    BalasHapus
  17. lol, yang nomor 1 tuh aku lumayan sering :p

    BalasHapus
  18. mgkn awal2nya sj mbak demamnya... ada 20 gigi insya Allah nggak sampe 20x demam... aminn... ;-)
    ohya... mgkn jg krn trauma ya stomatitisnya... krn klo dari penjelasan, insya Allah asupan vitamin oke nih...

    mgkn utk sariawannya bs dikasih salep..? spt kenalog... tp tanya dulu sama DSA nya mbak...

    skrg tgl 15 januari, yg berarti udah seminggu yah Kynan.. semoga skrg Kynan cantik udah sembuh ya...udah mau mamam dan nenen yg bnyk lagi.. amin.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. atau oxyfresh dental gel (baru dpt rekomen by bbm temanku yg lagi sekolah spesialis gigi anak Noph, hihi...

      Hapus
    2. Mbk tia...kok panggil aq mbak sihh ududuuu,,, alhmdlilah udh sembuh mbak, jd beneran ya tumbuh gigi bisa bikin demam?? Makasih ya sarannya kmrn dikasih obt kandungannya nystatin mbk

      Hapus
  19. kynan udh sembuh? kasian ya klo liat anak kecil sakit..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sudah mbak hilsya :-)

      Hapus
  20. sariawan itu memang sangat mengganggu..namun itu jadi indikator bahwa ada yang tidak beres dengan tubuh kita.....keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gitu ya pak.. makasih infonya, iya memang sehat itu nikmat sekali yaa :-)

      Hapus
  21. jarang2 kena sariawan tp skali kena ganggu banget. apalagi kalau anak kecil gitu ya mbak...
    mudah2an kynan g kena sariawan lg dan sehat terus ya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin.. iya jadi susah sekali makannya mbak, makasih ya, sekarang kynan sudah sehat alhamdulillah :)

      Hapus
  22. semoga cepat sembuh, ya, Kynan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, makasih ya mbak Myra :)

      Hapus