Jumat, 17 Januari 2014

Nugget Ayam Sayur Homemade

Ternyata... sudah lama enggak nengok rumah kecil ini ya... Maklum lah, aku sedang sok sibuk karena pindahan kantor, horee kantor baru dan semoga bisa lebih cetar membahana ya kerjanya hihihi. Tapi eh tapi berhubung kantor baru, otomatis jaringan internetnya juga masih cenut-cenut cin *curcol :p. 

Kebetulan, liburan hari selasa kemarin, sedang rajin banget. Dari pagi sudah semangat buat masak. Masak.. bayangkan sodara-sodara... masak, berbekal brosing dan nanya teman akhirnya kuberanikan diri untuk praktek membuat Nugget ayam sayur homemade. Ya karena aku ini sering lupa dengan cara dan bumbu-bumbu masak dan akhirnya suka nanya muluuuu tiap mau masak lagi masakan yang sama, sampai-sampai yang ditanyain bosen hihihi jadi, kuputuskan untuk mendokumentasikannya disini hohoho. 
Jadi Kynan itu doyan banget yang namanya nugget, karena praktis dan cepat aku sering sedia nugget siap pakai di kulkas, biasanya buat sarapan pagi kalau lagi buru-buru. Nah si Kynan kan doyan tuh, ngeri juga kalau terlalu sering anak seumuran dia mengkonsumsi makanan yang berbahan pengawet kan.. apalagi si ayah itu cerewet banget kalau masalah yang beginian, iya sih untuk kebaikan memang :p, dan beliau juga pastinya lebih tahu bahaya dan efeknya secara kerjaannya neliti yang kayak-kayak gitu. 

Semua ibu pasti senengkan kalau lihat anaknya doyan makan? kayak prestasi tersendiri hahaha. Jadiii... aku suka kalau lihat Kynan makan nugget :p, walhasil ingin buat sendiri supaya lebih sehat, dan tidak perlu berpengawet. Ini sih resepnya random dari buanyak resep yang aku baca sampai bingung mau ngikutin yang mana hehehe. Jadiii jika anda ingin mencoba, silahkan namun gagal tidak ditanggung hahaha.


sedikit gosong pemirsa hihihi,

Bahan :
- Daging ayam giling kurang lebih 300gram
- Wortel diparut (aku pakai 2 buah ukuran sedang )
- Tepung terigu ( 2 sendok makan )
- Garam (sedikit juga)
- Telur
- Tepung panir/tepung roti

Bumbu :
- Bawang putih (2 buah )
- Merica (sedikit karena untuk kynan)
- Garam sedikit
Dihaluskan semuanya

Cara membuat :
- Panaskan kukusan
- Campur daging ayam giling, wortel parut, bumbu yang sudah dihaluskan, aduk rata
- Tambahkan tepung terigu, dan telur yang dikocok sedikit demi sedikit sampai adonan kalis, kemarin aku cukup setengah dari kocokan 1 butir telur,
- Tempatkan di wadah dan kukus sampai matang, kurang lebih 20 menit
- Diamkan sampai dingin, potong sesuai selera masukkan dalam kocokan telur terus lumuri dengan tepung roti sampai merata.
- Simpan di freezer dan siap digoreng

Selamat mencoba, Kynan doyan loh sampai dimakan tanpa nasi jadi cemilan hihihi.

27 komentar:

  1. homemade lebih sehat ya. Pindah kantor suasana baru, gaji baru juga kah? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak bakal di bales di sini, mbak. coba di inbox aja,kali aja dpt traktiran... ^_^

      Hapus
    2. hahaha pak pri bisa saja... nanti kalau kpdar aku traktir ya mbak Lid hahaha, enggak kok mbak itu cuma bangunannya yang baru hehehe pindah gedung saja :p

      Hapus
  2. enak nih,temenku punya usaha nugget sayur homemade di malang,,aku testernya,jadi makannn mulu hahaha,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dulu pas di malang sudah kenal ya miss kan aku bisa ikutan tester hahaha

      Hapus
  3. Dulu aku bikin nugget sayur pas Dzaky lagi mogok makan sayur dan hasilnya lumayan lah buat masukin sayuran ke tubuh Dzaky... hihihi

    Tapi bikinnya dulu aku agak ngliker, banyak tahapannya.. Tapi demi anak apa yang enggak ya mak.. :hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngliker itu apaan sih Bunda Tika?? iyaa seneng deh kalau anak doyan makan hihi

      Hapus
    2. Ngliker tuh ribet.. wakakak bahasa aku banget

      Hapus
    3. ohhh hahhaa, menambah kosa kata :p

      Hapus
  4. Mau coba bikin ah Mba weekend ini. Aaqil juga seneng bener sama finger food gini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yukk dicoba, masak bareng Bul seru pasti yaa :p

      Hapus
  5. dulu aku pernah bikin nugget juga sama mamah. itu puegelnya poool. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, capek ya Syifa..tapi pasti enak kan ya,

      Hapus
  6. wah, somay, ayam tulang lunak..sekarang nugget home made......waw..enak2 bgt...hiks sedihnya dapur masi belum jadi nih..(he he he bilang aja malas ya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, mbak fitri bisa saja ya cari alasan :p

      Hapus
  7. ikhsan ga suka makan nugget yang instan. kalau bikin sendiri mungkin doyan ya...
    contek resepnya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mbak, wah enak ya ikhsan gak suka yang instan hihi memang lebih sehat yang bikinan ibu :)

      Hapus
  8. kamu kok pinter banget sih say moto nuggetnya....
    aku lagi pgn bikin nugget juga nih...nyontek ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah biasa aja mbk Pu ini hihihi, silahkan mbak :)

      Hapus
  9. Kalau Kynan aja doyan, apa lagi saya? Sayangnya, karena saking doyannya Kynan ga nyisain buat saya. Hehehe...
    Salam buat Kynan yang menggemaskan, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya sudah dihabiskan sama Kynan :), salam balik dari Kynan ya om *salim

      Hapus
  10. Vania juga kalau bikin nugget pakenya tepung terigu, Noph...
    resep2 yg beredar pake roti tawar, tapi aku nggak pernah berhasil :-D

    wah Kynan, semoga tambah sehat selalu yaaa,,, ^_^

    BalasHapus
  11. bisa buat bekal bagi yang punya anak-anak nih.. sehat, bergizi dan bersih pazti

    BalasHapus
  12. Kalo dulu suami sy bikin dari jamur :)
    anak sy doyan juga ternyata, emang tujuannya bikin nudget yg ga mengandung daging si

    BalasHapus