Kamis, 27 Agustus 2015

Belajar dari Kynan

Sebagai ibu muda atau bunda :D,,, dan masih cetek ilmunya serta masih dalam taraf belajar, sering kali dibuat bingung sama anak gadis menik-menik Kynan. Beberapa kali merasa saya salah konsep dalam menerangkan sesuatu, apalagi anak jaman sekarang pinter banget membolak-balikkan kata-kata kita hahahaa. Apalagi maunya kita semua serba bagus kan ya yang diajarkan, ehh ternyata kitanya sebagai orang tua masih juga melakukan tindakan yang kurang bagus tadi duuddu PeeR banget. Oke untuk ini orang tua tentunya tidak boleh membela diri dengan kata-kata orang tua juga manusia :d. seyogyanya harus lebih baik dan jadi panutan kan yaaa, ihh berat bok bahasanya.

Tempat nonton tipi kita lesehan,, gelar karpet dan beberapa bantal buat gelogeran. Saat itu kita sambil ngemil keripik, kemudian duduk mulai tidak tegak berakhir dengan gelogeran(mulut masih ngunyah), walhasil Kynan dengan sikapnya bilang..
"bunda jangan bobo.... maem ga boleh bobo..."
" sudah habis kok...." bunda membela diri
"itu masih ada.....aaa....." disuruh buka mulut :D
ya memang kita sering kali memberikan pengertian supaya jangan makan sambil bobo :p

Kemudian konsep yang salah adalah tentang perempuan dan laki-laki.
Waktu liburan jatuh hari jumat, ayahnya akan sholat jumat di masjid dekat rumah. Nah Kynan yang biasa ikut ke masjid hari-hari untuk sholat magrib, langsung mau ikut juga sholat jumat. Karena dirasa sholat jumat itu akan agak lama, ayah enggan mengajak Kynan takutnya dia bosan dan berulah. Langsung deh spontan saya bilang 
" Sholat jumat itu untuk laki-laki nak....Kynan di rumah saja sama bunda yaaa..."
bengong... tapi mau di rumah sama saya,, kemudian saya meneruskan kalau bunda perempuan sama dengan Kynan, memakai anting dan pakai jilbab. Kalau ayah laki-laki ramputnya pendek dan tidak memakai anting.
Kemudian Jumat selanjutnya, dan saat itu sedang lebaran....Kynan nangis dong, minta apa coba??
Minta jadi anak laki-laki saja supaya bisa ikut ayahnya, :D
Disitulah...sepertinya konsep saya salah :D

Yang menjadi dilema lagi adalah konsep berteman, Kynan sekarang sudah usia dimana suka sekali bermain dengan tetangga yang sepantaran. Sampai-sampai pasti jadi drama kalau kita melarang-melarang. Kadang saya yang bingung, kenapa ya di larang?? kan supaya kenal tetangga, bersosialisasi dan masih banyak hal yang didapat kan yaa, namun disisi lain, diusia Kynan sekarang yang sedang suka banget meniru semua tingkah laku teman-temannya. Ada anak tetangga yang sudah TK, sebut saja si A, si A sering sekali mempengaruhi anak-anak yang lebih kecil dari dia untuk melakukan tindakan yang dia inginkan. Contoh mudahnya nih..."Kyn ambil mainan itu dong, bawa keluar rumah...". Padahal mainan itu saya larang untuk dibawa keluar, kalau ingin main di dalam rumah saja. Jadinya Kynan deh yang menangis minta dibawa keluar.Akhirnya kan saya yang sebel sama anak itu huhuhuuu. Yaaa saya tahu harusnya memang peran dan tugas kita sebagai orang tua untuk menguatkan pondasi-pondasi si anak agar tidak terpengaruh dengan lingkungan ya tapi memang tidak semudah itu yaaa apalagi seusia kynan :D. Apapun itu saya dan suami tetap berusaha menjadi orang tua yang baik untuk Kynan amin. 

Semoga bisa terus belajar ya Kyn :D
Tapi ada yang saya belum berani karena ga enak dengan teman sendiri.
Beberapa waktu lalu Kynan memeragakan orang merokok dengan pensil warnanya, saya kaget dong apalagi ayahnya Kynan tidak merokok mungkin dia melihat orang lain atau menonton tivi. Pas saya tanya Kynan bilang lihat om...entah om siapa,,saya bilang
"nanti kalau ketemu om..bilang yaaa, jangan merokok om,..itu bikin sakit, bikin kebakaran..." :p
Nah kemudian  Kynan ketemu "om" yang merokok... tiba-tiba kynan bilang...
"om...kok rokok sih,,nanti sakit loh...."
langsung deh om teman bunda tadi menyembunyikan rokok dan mematikannya hehehee.
Dannn... itu yang belum bisa bunda lakukan kepada beberapa teman bunda yang merokok dudududu.
Yaaa ayah bunda banyak belajar dari Kynan, paling berasa banget adalah belajar mengendalikan emosi dan sabar hahaaaa, masih banyak sih ya mulai dari sikap, perilaku juga pastinya akan terus belajar, yaa siapa coba yang mau mewariskan hal-hal yang "kurang sedap" untuk buah hatinya kannnn :). 

Badut apa bunga?? yang jelas ini Kynan :D



14 komentar:

  1. siiip kynan pinter
    semoga sampai dewasa kelak jadi "polisi rokok" ya
    paling galak dan berani melawan para perokok
    hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... doain ya tante... :)
      demi untuk semuanya kan.... :)

      Hapus
  2. bunga mataharinya cantiiiiikkk....

    BalasHapus
  3. komennya anak kecil itu nyeesss banget di hati ya mbakk,, kayak ditembak gitu,, kita ngajari baik tp kadang lupa heheh.. sehat dan tambah pinter ya dekkk.. doain tante punya malaikat kecil kayak kamu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget... jujurnya itu loh....
      Amin semoga sehat sehat terus ya bumil sayang :))

      Hapus
  4. Hihihi, Bunda panik masih mengunyah makanan! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi Idah....bundanya pinter ngeles whahahaa

      Hapus
  5. dari anakpun ita sebagai orang tua bisa belajar banyak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Lid, betul banget...banyak banget pelajarannya hihiii

      Hapus
  6. lucu aneeetth...
    hihihi
    hallo kynan..:)

    BalasHapus
  7. kynan emang pinter yah :)
    saya jg lg sebel bgt nih sm anak tetangga, panjang ceritanya, ntar aja dijadiin artikel :))

    BalasHapus