Rabu, 10 September 2014

Kynan's class at Q'Kiddies

Kynan 23months
Awalnya saya iseng ikut trial classnya Q'Kiddies Gorontalo. Penasaran dan tertarik dengan sistem pendidikan disana. Tersedia mulai dari kelas Baby Gymmers sampai Kindergarten. Tidak banyak pilihan tempat sekolah untuk anak seumuran Kynan yang masih belum genap 2 tahun di Gorontalo. Lebih banyak tipe daycare/penitipan anak yang jelas tujuannya bukan seperti yang saya inginkan walau didalamnya mungkin ada metode atau pelajaran yang sama.

Memang apa tujuannya? ya pastinya tujuan klise, untuk belajar bersosialisasi. Apalagi dengan kenyataan bahwa Kynan semakin takut yang berlebihan dengan orang asing (kecuali orang tua dan pengasuh) dan semakin parah hzzzz. Selanjutnya daripada Kynan di rumah tidak ada kegiatan, sepertinya lebih bagus kalau kegiatannya lebih terarah seperti ini. Plus bonusnya nambah teman dan si tante pengasuh bisa jalan-jalan seminggu 3x.

Saat trial, kita gabung di kelas Kiddy Walker (16months-2years). Kelas ini masih membutuhkan partisipasi pendamping, bisa orang tua atau pengasuh, namun jika anak sudah mandiri boleh juga ditinggal dengan para aunties dan dipantau dari luar kelas. Para auntiesnya ramah, dan saya lihat Kynan antusias dengan kegiatannya walaupun masih sambil nemplok hehehe. Saya juga cocok dengan cara mereka mendekati anak dan cara menyampaikan materi. Karena melihat Kynan nyaman dan antusias, jadi ikutan antusias juga untuk segera daftar. Setelah dengan pertimbangan matang dan pembicaraan serius akhirnya kami memutuskan untuk memasukkan Kynan sekolah di Q'Kiddies. Per Mei 2014 Kynan resmi jadi murid Kiddy Walker di Q'Kiddies yeeeayy. Masuknya seminggu 3x dari jam 09.40-10.40 wita.

Banyak pertimbangan untuk memilih Q'Kiddies,
- Tempatnya nyaman, safety dan indoor. Sementara untuk seumuran Kynan dan panasnya Gorontalo, saya lebih menyukai tempat bermain yang indoor
- Gurunya (aunty) ramah, telaten dan care.
- Jumlah murid max.10 anak per kelas dengan 2 aunty
- Billinggual
- Biayanya masuk akal
- Dan saya masih percaya dengan feel, kalau kata Bunda Vania "believe in love at first impression..". Benar sekali loh, walau seumuran Kynan tetap bisa dipraktekan. Kalau anaknya sreg dan suka, pasti mudah ngajak berangkatnya hehe. Alhamdulillah sampai saat ini belum pernah Kynan tidak mau sekolah. Selalu antusias kalau dibilang mau berangkat sekolah. Saat kita bilang " Nanti Kynan sekolah ya," pasti dijawab dengan anggukan kepala yakin dan iya.

Diajarin apa saja?
Untuk kelas Kynan, masih lebih banyak bermain dan nyanyi-nyanyi, mewarnai,menempel, pokoknya beraktifitas dengan gembira. Belajar berkomunikasi, membantu teman, sampai bilang tolong,terima kasih dan kalimat positif lainnya. 

Marakas time.....nyanyi dan menari sambil bawa marakas....

This green colour... said aunty Heni ...
Alhamdulillah kemajuan Kynan lumayan bagus, paling tidak kemajuan dalam keberanian ya. Setidaknya sudah tidak nangis kejer lagi saat bertemu orang asing. Terbukti saat mudik kemarin. Walau bertemu dengan teman-teman ayah bundanya yang belum pernah dia temuin, sudah santai saja sambil salim hehehe. Sudah berani maju ke depan saat ada temannya ulang tahun, tanpa bundanya pastinya hehe. Kosa katanya juga lebih banyak. Masih banyak lah pokoknya, Alhamdulillah.

Terlepas dari itu semua, pasti banyak pro dan kontra tentang umur Kynan segitu kok sudah sekolah?. Dari awal kita sih melihat sesuatu itu perlu apa tidak untuk keluarga kita, kalau memang kita rasa perlu, tidak perlu kan ya jadi ragu dengan semua pro dan kontra diluar sana. Toh kita sudah memikirkan baik dan buruknya tindakan kita, semoga selalu berada di jalanNya amin. Semoga juga ini yang terbaik buat Kynan kelak. Banyak manfaat yang bisa Kynan ambil, dan buat belajar bundanya juga. In shaa allah aminn. Oh ya...bulan depan Kynan naik kelas, tunggu ceritanya yaa :)


Sudah berani berinteraksi dan ga nemplok lagi :)
Masih kagum sama kaca segedhe gambreng :p
Ultah Kak Mabelle, Kynan mau nyanyi....eh Aira nangis :)

main yukkkkk.....

Q' Kiddies Gorontalo
Jl. 23 Januari no.28 Gorontalo
(Depan Kantor Telkom Lama)
Telp: (0435)877 2999/ 8700870

21 komentar:

  1. belajar bersosialisasi di luar rumah tapi tetap aman ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Lid, supaya ada belajarnya juga :)

      Hapus
  2. Kynan makin berani ya mom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak alhamdulillah tapi masih on off juga sih hehehe

      Hapus
  3. Setidaknya dengan mengikutkan anak kegiatan ini bisa memperluas interaksinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak melatih berani yang terarah :)

      Hapus
  4. Sudah lama sekali saya meninggalkan masa-masa nganter dan nungguin si kecil di sekolah mak, langsung berasa tua *_*

    Lucunya km sayang Kynan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe kangen juga ya mak ternyata padahal kalau diingat-ingat rempongnya....:)

      Makasih tante Irma, tante juga cuantikkk :)

      Hapus
  5. Seneng banget ya Mba Noph kalo anak sudah menunjukkan progress. Sama kayak Aaqil kalo dibilang sekolah seneng banget. Hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Dani... banget... hehehe, wah sama dong kalau mereka riang kitanya juga tenang ya,
      Cerita sekolahnya Aaqil dong :)

      Hapus
  6. yayyy kynan udah sekolah yaa....jd inget,murid PGku dulu paling kecil 1,9..lassak kali mbk,jd memang harus extra sabarrr hehe.... seru tuh bilingual,sama kayak tempatku dulu tp lebih banyak ke inggris hehe

    BalasHapus
  7. Waaahh, Kakak Kinan seumuran Diana waktu masuk sekolah. :)

    BalasHapus
  8. Manisnyaaa Kynan. Senang melihat anak akrab dg anak lainnya yo, Mba.

    Setuju banget sih kalau di didik untuk bersosialisasi sejak dini. Biar kelak menjadi pribadi yang tidak pemalu.

    Kayak emaknya tuh pemberani. :D

    BalasHapus
  9. senengnya sekolaaah....
    aku juga semangat banget kalo ke sekolah
    habis di sekolah main main melulu

    BalasHapus
  10. Kynan heubat deh kecil2 berani ya

    BalasHapus
  11. Namanya bagus Kynan. Memang perlu mengajarkan kepada anak sedini mungkin untuk memiliki percaya diri. Bunda mengajarkan cucu untuk mandiri dan percaya diri dengan memasukkannya ke Sekolah Alam. Sekarang dia sudah kelas 3 di Sekolah Swasta. menjadi anak yang tidak pemalu dan suka menolong.

    BalasHapus
  12. Gak apa-apa. Nai juga dari umur 2 tahun. Memang kemudian ada masanya dia jenuh sekolah. Tapi, pelan-pelan juga bangkit lagi semangatnya :)

    BalasHapus
  13. singgah kemari sambil menyimak saja ^_^, salam perkenalan ya. bila ada waktu mampir ketempat saya ya ^_^

    BalasHapus
  14. wah kynan sudah sekolah ya..., ikhfan belum sekolah nih

    BalasHapus