Jumat, 19 September 2014

Batita Naik Pesawat

Sebenarnya sudah beberapa kali Kynan mencicipi jenis transportasi satu ini. Ya memang hanya itu transportasi yang bisa diandalkan saat pulang kampung huhuhu. Ada sih kapal laut tapiiii.....pasti gak ada yang mau tahu alasannya deh kenapa kita tidak memilih kapal laut buat mudik :). Walaupun sudah beberapa kali, namun kekhawatiran terhadap Kynan masih saja dong ya, gimana kalau rewel, kalau bosen dan sebagainya. Apalagi serem aja kalau saat harus pakai sabuk pengaman eh anaknya malah gak mau duduk tenang gitu. Berbekal ilmu googling dan baca blog emak-emak yang sudah berpengalaman, cara ampuh untuk melawan semua itu sebenarnya pengalihan perhatian, plus berdasarkan pengalaman aku, bisa dengan beberapa cara seperti berikut :

- Menyediakan makanan dan minuman.
Aku sengaja bawa bekal, paling sering bawa kentang goreng keju, praktis hehehe. Kadang anak-anak tidak tertebak maunya. Biasanya dengan camilan ringan atau kalau memang jam makan ya bawa makanan berat saja. Kecuali penerbangannya disediakan makanan ya ini bisa di skip :)


Nyam..nyam... enakkkk....

- Mengajak berinteraksi, bisa dengan bermain, bercerita, nyanyi, pokoknya diajak becanda jangan sampai bosan. Saat mudik kemarin, kynan lumayan rewel tapi tidak sampai parah sih. Sudah sengaja membawa kertas lipat, Fun doh, dan mainan lumayan mengalihkan perhatian sih tapi masih bosen akhirnya emaknya cerita ngasal sambil bolak-balik halaman majalah di pesawat plus diajak narsis hihihi :p





- Mengenali maunya si anak
Ini penting ya, kadang anak ngantuk tapi kita tidak sadar malah menawarkan makanan dan mengajak bermain walhasil tambah marah dong dia. Sebaliknya, anak mau bermain malah diposisikan untuk tidur, pasti dijamin malah rewel. Tidak hanya di pesawat sih sebenarnya




- Memperhatikan kenyamanan.
Seperti pakaian yang dipakai, suhu AC nya, tempat duduknya, kalau masih infant mungkin posisi memangku yang tidak enak, kalau memang duduk sendiri mungkin posisi sandaran dan sabuk pengaman juga berpengaruh.

- Sebelum berangkat atau jauh-jauh hari, memberi pengertian yang boleh dan tidak saat di pesawat. Ini nih yang ajaib menurutku, kalau anaknya sudah gedhe mungkin gampang ya, tapi kalo batita?? ajaibnya dimana?? ya disini, walau masih batita saat kita menjelaskan dengan sabar dan pelan-pelan, walau berasa mereka tidak peduli atau mendengar tapi berpengaruh juga loh. Bahasa kerennya Sounding yaa :p

- Berdoa yaaaa supaya mereka anteng dan selamat sampai tujuan amin hehehe.

Oh ya, saat perjalanan balik ke Gorontalo, kami memakai maskapai yang tidak diragukan pelayananya itu loh, jadi lumayan mengurangi beban, dalam hati sih berharap begitu ya. Makanan sudah dapat, dapat baby kit dan mainan, ada videonya juga, ahhh lebih nyaman nih perjalanannya. Tapiii aku salah besar.... memang sih awalnya Kynan anteng dan bisa diajak bekerja sama, namun saat lampu tanda kenakan sabuk pengaman menyala karena persiapan landing, Kynan yang dari tadi minta berdiri di lantai sela-sela bangku itu, tidak mau dong dipangku. Pokoknya tidak mau beranjak dari situ padahal sang mbak-mbak pramugari berbaju Kartini itu sudah menginstruksikan untuk memangku infant plus mengenakan sabuk pengaman. Tahu kenapa Kynan tidak mau dipangku?? Karena dia kebelet pup. Hiyaaaaaa.....


27 komentar:

  1. hahaha....terus akhirnya pup apa balik ke kursi mbk???*kepo*
    mengajak berinteraksi,salah satunya selfie hahahaha....penting lo,beneran deh *pengalaman*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaannya sama dengan Mbak ini .. hehehe

      Hapus
    2. Hehehe banyak yang penasaran yaaa...
      Kynan masih pake popok jadi masih aman tapiiii karena sudah belajar toilet training maunya dia ke toilet, trus dengan kerasnya dia bilang "Bunda eek..." akhirnya kita bilang " sssttt...iya nanti ya pas di bandara". Karena memang sudah mau landing. Keluar pesawat, saya kabur ke toilet ayahnya ngurusin bagasi hehehe

      Hapus
  2. wah Kynan asik naik pesawat ya...iya penasaran nih, terus gm, Kyanan pake pampers ga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, girang banget hehehe. Alhamdulillah masih pake popok hehehe

      Hapus
  3. Wah menarik nih. Ada slide fotonya. HIheiheie. Dalam penerbangan tertentu memang ada syarat syarat yang harus dipenuhi jika membawa Balita. Kami malah pernah membawa Bayi kami saat masih usia 1 tahun. Rutenya Pontianak - Jogjakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya pak, iseng plus ingin coba, ternyata bagus juga pakai slide hehehe. Saya juga pernah bawa bayi 2,5 bulan setelah selesai cuti melahirkan habis hehehe

      Hapus
  4. pakai maskapai yang G enak anak-anak jadi ketagihan karena dapat susu, makanan, dan mainan. eh kemarin pakai maskapai lain gak dapat apa2 protes hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak..aku saja juga ketagihan hehehe

      Hapus
  5. Kalah nih sama kynan saya baru 3 kali wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya tante..udah sering tapi emaknya tetap deg-degan :p

      Hapus
  6. Ternyata snack kesukaan anak2 bisa membuat anak anteng ya, Mba. :)

    BalasHapus
  7. Berarti sukses dong Mba ya pengalaman pertamanya Kynan naik pesawat. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman pertama sih gak begitu sukses mas, masih usia 2,5bulan., udah kenyang nenen di bandara pas didalam pesawat malah nangis mungkin karena telinganya sakit,di nenenin udah gak mau karena kenyang hehehe

      Hapus
  8. repot tapi asyik mba :D
    jadi banyak belajar nih hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul.. repot tapi juga seru sih :)

      Hapus
  9. Pergi bareng si kecil tuh emang lumayan rempong. Bawaanya komplit ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kayak mau pindahan hehee

      Hapus
  10. Kadang-kadang aku sirik lihat anak kecil dikasih mainan di pesawat. Kan aku juga pengeeennn...

    BalasHapus
  11. hiyah... namanya bw anak2 yah, persiapan udah mantep, eh malah mau pup di wkt yg kurang tepat :))

    BalasHapus
  12. saya jadi tahu tips bagus ketika mengjak anak naik pesawat

    BalasHapus
  13. Hahaha, kebelet pup ternyata :) Aku jadi inget dulu naik pesawat sama keponakanku yang masih 2 tahun. Ya, ampun dia hobinya minta permen dari pramugari, hahaha :D

    BalasHapus
  14. bermanfaat sekali tips mengajak anak naik pesawat,
    gan izin numpang info terbaru buat kalian disimak ya gan

    rumah dijual murah di jakarta
    rumah dijual surabaya timur

    BalasHapus
  15. hehe.. kesian kynan jadi harus nahan pup ya?

    BalasHapus
  16. gimana menangani kalo balitanya mengeluh telinga sakit?
    dulu pernah ajak kakaknya dija naik pesawat, sepanjang perjalanan telinganya sakit
    udah mengunyah permen, dan lain sebagainya.... termasuk menguap, katanya tetep sakit
    jadi bingung

    mau ajak dija naik pesawat, jadi mikir mikir dulu

    BalasHapus