Minggu, 18 Mei 2014

Bakpao Coklat with Mixer and Non BP

Judulnya aneh banget ya???? hehehe...
Biar penasaran sih ya, tapi maaf buat yang udah jago nge-bakingnya, maaf banget...
Ini mah edisi malas dan coba-coba eh ternyata berhasil dan wenak. Seperti resep-resep aku sebelumnya, seluruh resep diperuntukkan bagi newbie yang masih belajar dan yang males hehehe.

Beberapa kali gagal bikin adonan dengan metode diuleni, membuat aku putus asa dong. Habisnya seperti tidak ada tenaga gitu buat uleni-uleni *ihh bahasanya. Sampailah pada saat temanku posting bakpao dan saat aku tanya trik menguleni adonan, dengan entengnya hanya dijawab "di-mixer" aja biar tidak capek. What?? Apa? Mixer? emang bisa? pengen nyoba.... dan bisa ternyata. Yeayyyy....
Terus diresep sebenarnya juga menggunakan BP alias Baking Power, berhubung aku lupa beli jadi enggak usah pake ya, alhamdulillah berhasil, semua doyan. Ayah, Kynan, bunda, tetangga depan agak sebelah juga kebagian. Alhamdulillah....
Oke cekidot resep Bakpao coklat dari teman aku, dan udah aku praktekin yaaa ....yaaa....


Bakpao Coklat
300 gram Tepung Terigu
60 gram Maizena
200 mL air dingin
2 sdt Fermipan
1 sdt garam
75 gram gula
20 gram susu bubuk
30 gram mentega
1/2 sdt BP (aku tidak pakai)

Caranya :
Campur semua bahan kecuali mentega, Uleni sampai tidak menempel di tangan. Diamkan sekitar 30-40 menit. Kempiskan adonan. Bulatkan dan isi dengan coklat blok atau mesis coklat. Diamkan lagi 10 menit, kemudian kukus dengan api sedang.

Bagian diuleni, aku pakai mixer dengan mata mixer yang "mlintir" apa ya sebutannya, pokok yang nge-roll itu loh. Di-mixer dengan kecepatan sedang sampai tinggi hingga tidak menempel pada wadah dan saat dipengan juga tidak menempel di tangan. Gampang kan?? Mungkin ini bisa membantu untuk "sebagian" orang Seyang bermasalah menguleni adonan seperti aku hehe.
Selamat mencoba









9 komentar:

  1. wah enak banget nih kayaknya. kapan ya terakhir kalo makan bakpau.

    BalasHapus
  2. wah ini kesukaan Cici lho mba, aku pernah denger soal ngulenin pakai mixer ini, tapi belum pernah coba..beneran bisa ya ? cobain ah malam ini hehe, thank you for sharing :)

    BalasHapus
  3. mbaaa..
    aku mah nunggu kiriman aja deh yaaaah :)
    Kalo bisa coklat campur keju deh mba *semacam ngelunjak*...hihihi..

    BalasHapus
  4. uwooooooo mauuuuuuu.......kirain adonan bakpao itu bukan terigu biasa eh ternyata bisa juga....

    BalasHapus
  5. Bakpaonya empuk, menul2 kayak pipinya Kynan, Mba. :D

    BalasHapus
  6. Wah bisa yah nguleni pake mixer, Noph..
    Anakku doyannya donat kentang, dan iyah aku males nguleninya.. haha..

    Mgkn donat bs jg kali pake mixer, who knows? Hehee..

    BalasHapus
  7. Membuka Usaha BakPao sekarang bisa membuat omset Jutaan loh silahkan klik Bisnis Usaha BakPao Dengan Omset Jutaan Salam Sukses. :)

    BalasHapus