Senin, 17 November 2014

MommyChi, Sahabat baru Ibu dan anak

Memantau perkembangan dan pertumbuhan buah hati setiap waktu tidak bisa dianggap mudah dan sepele. Sebagai ibu, harus dong memantau jadwal imunisasi, grafik pertumbuhan tumbuh kembang anak, menguasai pengetahuan tentang nutrisi dan gizi, dan masih banyak lagi. Beruntung kemajuan teknologi dapat membantu kita sebagai orang tua untuk memudahkan dalam hal tersebut. Kini tersedia aplikasi mobile yang bisa memonitoring kesehatan ibu dan anak. Mommychi, aplikasi yang dibuat dan dikembangkan PT.Kalbe farma ini dibuat untuk mencatat kesehatan dan perkembangan secara terstruktur agar terpantau dengan baik. 

Apalagi sebagai seorang ibu bekerja seperti saya, sangat dimudahkan sekali dengan aplikasi ini. Semenjak menggunakan aplikasi Mommychi, saya sangat terbantu dalam hal pencatatan imunisasi Kynan, jadwal imunisasi dan grafik tumbuh kembangnya, dan masih banyak lagi fitur yang menarik.

Cara mendapatkannya sangat mudah, Mommychi bisa didapatkan dengan gratis dengan men-donload di Play Store atau iTunes. Kemudian Daftar atau Login dengan mengisi data-data yang dibutuhkan. Aplikasi siap digunakan.


Mommychi memang aplikasi untuk Ibu dan anak, sehingga berisi fitur utama yaitu kehamilan dan anak. Selain itu ada fitur-fitur lain yang yang melengkapi, mulai dari Galeri, Kalkulator kesehatan, Fasilitas(berisi direktori kesehatan), Game, Musik dan dilengkapi fitur Tanya Dokter. Fitur game dan musik menjadi favoritnya Kynan. Sebelum tidur pasti nagih minta menyanyi dengan diiringi lagu dari fitur tersebut. Saat santai saya juga sering mengajak bermain sambil belajar dengan game mewarnai, bermain sekaligus belajar mengenal warna. Kalau saya, sangat terbantu dengan fitur Fasilitas yang berisi tentang Direktori Kesehatan seperti rumah sakit, apotik, dokter. Jadi semisal kita berada disuatu daerah dan membutuhkan alamat rumah sakit terdekat, bisa langsung tahu lokasi sampai no.teleponnya.

info rumah sakit berdasarkan nama..

hasil mewarnai Kynan, :)

Kynan sudah hafal beberapa lagu :)
Fitur anak
Satu anak, untuk satu akun sehingga datanya tidak akan tercampur dan akan tersimpan dengan personal sesuai saat kita menginput. Didalamnya terdapat beberapa fitur yang sangat membantu saya dalam mencatat dan memantau tumbuh kembang Kynan. Mulai dari imunisasi, pertumbuhan berat badan, tinggi, gigi, sampai mengamati gejala yang timbul saat Kynan sakit.



a. Imunisasi 
Berisi pengingat imunisasi dan jadwal imunisasi. Pengingat imunisasi berisi tahapan-tahapan umur dan imunisasi apa saja yang harus dilakukan diumur tersebut. Kalau si anak sudah melakukan imunisasi tersebut, kita tinggal klik tanda centang, apabila belum kita bisa menambahkan tanggal jadwal imunisasi yang akan datang




b. Grafik Tumbuh
Disini kita tinggal mengisi Berat, tinggi dan lingkar kepala anak sesuai umurnya, bisa diisi perbulan, kemudian akan ditampilkan dengan grafik dan disimpulkan status gizi serta pertumbuhannya. Jadi para bunda setidaknya bisa dengan cepat memantau pertumbuhan buah hati, apakah terjadi kenaikan atau malah ada penurunan berat badan si anak. 

c. Jurnal kesehatan
Berisi data yang sudah kita tambahkan melalui grafik tumbuh, di jurnal kesehatan berisi diagnosis dan perlakuan yang harus kita lakukan serta saran. Disini juga bisa kita tambahkan data kesehatan yang lain, misalnya yang berasal dari dokter.

grafiknya Kynan...(pengimputan satu kali)
alhamdulillah :)
 d. Deteksi Kesehatan anak
Fitur ini salah satunya menyediakan informasi tentang pertumbuhan gigi susu sampai gigi tetap. Kita bisa catat tanggal muncul dan tanggalnya gigi sampai informasi kapan normalnya menurut medis gigi tersebut tumbuh. Selain itu juga terdapat fitur gejala penyakit yang bisa menambah pengetahuan kita sebagai orang tua

e. Ensiklopedia Anak
Berisi informasi tentang kesehatan anak, nutrisi, kesehatan gigi secara terperinci

f. Album foto
Bisa meng-upload foto-foto lucu buah hati kita, bisa dibuatkan album perbulannya sehingga pertumbuhan dan perkembangan bisa terdokumentaskan dengan baik

Fitur Kehamilan
Untuk yang sedang merencanakan kehamilan anak berikutnya, atau untuk para bunda yang sedang hamil, aplikasi ini sangat membantu loh. Memang sih saya belum ada rencana untuk hamil lagi, tapi tidak ada salahnya juga kan mengintip apa saja yang ada difitur ini, supaya lebih siap saat waktunya nanti hehehe.



a. Kontrol Kehamilan
Fitur ini mencatat dengan rinci apa-apa yang terjadi saat kehamilan kita, berat badan ibu dan anak dan divisualisasikan dalam bentuk grafik sehingga kita dengan cepat mengetahui adanya perubahan berat. Karena kadang ibu kesulitan dalam mengingat berat badan ibu dan janin tahu-tahu saat kontrol ke dokter sudah berlebih beratnya. Ini pengalaman pribadi sih ya hehehe.


b. Jurnal kehamilan
Kita bisa menambahkan jurnal yang berhubungan dengan kehamilan kita di fitur ini.

c. Nama Bayi
Sangking lengkapnya, Mommychi juga menyediakan fitur yang dapat menginspirasi para calon orang tua dalam pemilihan nama-nama calon buah hati loh. Ide nama bayi terdiri dari Namerator yang akan menampilkan pilihan nama baby berdasarkan nama ayah dan ibu. Lumayan kan tidak perlu repot beli buku nama-nama baby hehehe. Ada juga list nama bayi berdasarkan huruf, jadi Mom and Dad juga bisa memilih dari abjad yang diinginkan, seru yaa.

d. Album Foto
Mommychi tahu kalau para bumil pasti akan mengabadikan masa-masa kehamilan yang sungguh mempesona. Moment berharga tidak mungkin terlewatkan, jadi bumil-bumil cantik bisa menyimpan foto mereka difitur ini sembari terus memantau perkembangan janin.

e. Ensiklopedia ibu
Ini Fitur yang paling saya suka. Saya teringat saat masa-masa kehamilan Kynan dulu, dan info-info disini bisa menjawab semua kekhawatiran saat hamil dulu. Fitur ini lengkap dengan semua info yang dibutuhkan oleh ibu hamil, dari tips nutrisi untuk ibu hamil, seputar hamil dan menyusui, perkembangan janin, mitos-mitos sampai senam hamil pun ada loh. Seru ya, sampai ada beberapa video senam hamil loh, para calon mommy bisa mencobanya.



Aplikasi Mommychi sangat lengkap dan membantu sekali. Pertumbuhan dan perkembangan Kynan bisa terpantau dengan baik, Kynan juga bisa main-main dengan aplikasi ini. Dan yang jelas untuk para ibu hamil dan yang akan hamil, coba deh aplikasi ini sangat sangat seru dan bermanfaat sekali loh. Saya saja sangat semangat mencoba fitur-fiturnya, tidak sabar nanti saat hamil akan mengisi setiap moment pada aplikasi ini.

Kalau boleh saran untuk Mommychi, pada fitur anak Kalkulator Nutrisinya segera aktif ya, pasti sangat bermanfaat buat para mommy. Dan untuk game juga ditambah dong, namun yang edukatif  supaya anak-anak juga bisa belajar sambil bermain.

Terima kasih Mommychi, telah melengkapi kami dengan aplikasi yang sangat bermanfaat :)



29 komentar:

  1. Kebetulan nih Samsung Galaxy Young ST-6310 saya masih belum banyak diberdayakan fitur fiturnya. Oke saya akan pelajari dulu, kalau sudah sreg di hati mau juga dunlut. HIhiehiheiehiehiee Makasih sudah share dimari ya. Salam dari Pontianak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama pak, iya dipelajari dulu saja di situs Mommychi pasti suka hehhee :)

      Hapus
  2. Lengkap banget ini aplikasinya. Dulu pake aplikasinya dari baby center. Tapi ya gitu standarnya pake standar bule. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan mas, buat ngecek perkembangan kynan, ini grafik pertumbuhannya juga bersumber dari WHO sih

      Hapus
  3. saya baru tahu ada aplikasi mommychi ini. Sepertinya komplit ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, menurutku lumayan komplit isinya coba, yuk coba install hehehe

      Hapus
  4. baru baca tentang mommychi, aku cobain ah

    BalasHapus
  5. lengkap ya aplikasinya, bermanfaat banget untuk ibu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, lebih memudahkan dalam mengkontrol perkembangan buah hati mbak :)

      Hapus
  6. mau nyoba ah ,, android bisa kan yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, coba cari di playstore yaa

      Hapus
  7. wah,asik juga ya aplikasinya mbk,,seru aja rasanya bisa mengabadikan tumbuh kembang anak di momychi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Hanna, ada juga buat ibu hamil loh.
      In syaa allah mbak Hanna bisa segera mencicipi semua menu di aplikasi ini ya :)

      Hapus
  8. aplikasi yang keren, mau cobain juga

    BalasHapus
  9. kalau buat samsung Corby bisa menggunakan aplikasi ini gak mbak, hehe..
    maklum mbak belum sanggup beli HP yang lebih bagus lagi seperti android

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samsung corby itu android juga kan? kalau ada menu playstore bisa kok

      Hapus
  10. aplikasinya lengkap bgt yah...
    itu yg musik, jd bisa karokean gt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lumayan komplit mbak :),
      gak bisa mbak, tetap ada liriknya. Kynan ngikutin nyanyi lagunya gitu.
      Bisa buat saran untuk pengembangan aplikasi nih mbak :)

      Hapus
    2. soalnya klo bisa karoke, saya jg seneng nih bisa nyanyi2 :))

      Hapus
  11. aplikasinya kren kayaknya, baru tau saya

    BalasHapus
  12. aku udah install dari waktu hamil kemarenan..dan beneran emang lengkap banget.. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh seru ya mak, dan sekarang masih pakai kah? pasti terbantu banget ya buat Radith dan Kinar :)

      Hapus
  13. wah oke banget tuh aplikasinya...
    pengin coba install deh :)

    BalasHapus
  14. biasanya fitur seperti itu akan lebih maksimal jika pengguna tinggal di kota besar, macam jakarta. misalnya kayak yang rumah sakit terdekat itu, kalo kita tinggal di kota kecil, mana bisa...

    overall, keren ya aplikasinya
    lumayan lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih mbak, di kota besar pilihannya lebih banyak. Mungkin akan berguna saat kita berkunjung ke kota besar, sapa tahu kan...yup lumayan lengkap, yang paling membantu sih masalah perekaman tumbuh kembang dan jadwal imunisasi sih :-)

      Hapus