Kamis, 13 Maret 2014

Menepati Janji

Waktunya curhat..

Memberikan ASIX pada buah hati merupakan keinginan dan impian semua ibu, menurut saya ya. Dan mungkin ada alasan tertentu sehingga ibu tersebut harus dengan rela belum bisa memberikan ASIX tersebut pada buah hatinya. Saya percaya itu, dan pasti itu menyakitkan. Saya pun begitu, ingin memberikan yang terbaik dalam hal ini ASIX. Apalagi sepertinya sekarang bukan hal mustahil untuk mencapainya, banyak tips yang bisa digunakan memenuhi ASIX untuk ibu bekerja, banyak dukungan positif dan banyak cerita-cerita semangat, banyak peralatan yang memudahkan seorang ibu untuk ASIX. Intinya tinggal kemauan dan keinginan yang kuat. Mungkin 2 dari 10 orang ibu yang memang benar-benar tidak bisa memberikan ASIX karena alasan tertentu dan saya percaya 2 orang ibu tersebut pasti sangat sedih. 

Jadi ceritanya, Nopember 2013 saya harus menitipkan Kynan di rumah kakek dan neneknya di Malang. Saat itu saya tidak mempunyai persediaan ASIP yang bisa diminum Kynan selama seminggu. Karena saya berfikir Kynan juga sudah 1 tahun lebih saat itu, enggak apalah diberi susu UHT saja. Memang Kynan enggak mahir sama sekali dengan Dot. Selama saya di Jakarta, saya terus perah supaya produksi Asi tidak menurun. Sekalian oleh-oleh untuk Kynan hehehe. Saat pulang, Kynan pun kembali meminum asi, langsung maupun ASIP. Sesekali saya beri uht saat perjalanan. Hitung-hitung latihan nanti saat wwl. Setelah saat itu, saya sering sekali meng-hipnotis dia saat nenen mau tidur atau saat mau minta nenen, 
"Kynan sudah besar nanti kalau sudah 2tahun enggak boleh nenen sama bunda ya..." 
"toss yukk..." #toss tanda ia setuju,

Nah awal bulan kemarin, saya harus meninggalkan Kynan kembali selama seminggu. Karena sudah lumayan besar, jadi tidak dititip lagi di Malang. Siang dengan pengasuhnya dan malam dengan ayahnya. Dannn... kembali, saya tidak punya ASIP yang bisa ditinggal, karena memang produksi sudah menurun tidak seperti waktu lalu, stok ASIP tidak pernah banyak, hanya tersedia "fresh from the oven" saja hehehe. Yang membuat khawatir pastinya saat menjelang tidur. Saya kembali meng-hipnotis dia, kalau saya mau pergi dan Kynan enggak boleh rewel, minum susu sama ayah dengan dot. Toss kembali....
Sebenarnya enggak yakin juga, enggak yakin kalau bakal enggak rewel... tapi alhamdulillah... Enggak rewel, malam pun (laporan dari ayahnya...) saat bangun menangis bentar, gendong, ditawarin susu mau, terus bobo lagi. Alhamdulillah. 

Saat saya pulang, si ayah menawarkan untuk menyapih Kynan saja. Karena dia juga sudah mau minum susu selain asi, waktu seminggu tanpa asi terlewati dengan baik jadi sekalian saja enggak dikasih nenen lagi. Saat ini usia Kynan 17 bulan, setidaknya Kynan sudah 1 tahun lebih mendapatkan ASIX. Saya sebenarnya berat, karena memang kan proses wwl itu menyiksa emaknya juga. Apalagi Kynan saat tahu saya datang langsung tarik-tarik ngajak "ngamar" untuk nenen hihihi. Si ayah sih mengembalikan semua kepada saya, terserah mau menyapih saat 2 tahun atau sekarang. Bagi ibu-ibu mungkin sudah tahu ya.. seminggu enggak nenenin, saat awal nenenin itu sangat sakit... seperti pertama melahirkan dulu, apa cuma saya saja ya?? Jadi saya ambil jalan tengah, kalau Kynan minta nenen saya nenenin tapi saya tidak menawarkan ataupun membuat dia lapar. Saya beri susu, cemilan, makan, jalan-jalan pokoknya mengalihkan perhatian dia, tapi jika mau minta nenen ya saya nenenin. Iya sih ini namanya "enggak niat wwl" hehehe. Biarlah....
Dan tahu kah yang terjadi??? Kynan memang tidak selalu minta nenen, hanya kadang-kadang saja horeee berhasil. Tapi...... Kynan menjadi manjaaaa sekali. Selalu minta gendong, padahal biasanya susah banget dipegang, lari-lari terus. Minta apa-apa dengan menangis, semua yang dia mau harus dituruti. Pokoknya rewel banget, kita enggak mau nurutin dikit saja kemauannya langsung nangis kejer. Saya kira karena memang sedang tidak enak badan, tapi sepertinya dia marah. Terus kemarin, karena sudah sangat capek, habis magrib saat Kynan nangis langsung saya tawarkan untuk nenen. Dia mau, dan menjadi tenang, dalam hati saya bilang ...
" kan sedikit lagi 2 tahun, biarlah 2 tahun saja Kynan wwl-nya, bunda juga ga mau cepat-cepat hehehe..."
Dan.. Kynan pun tertidur, tenang... sampai besok paginya.

Saya berfikir, apakah yang membuat Kynan marah itu sebenarnya janji yang tidak saya tepati?? Menyapih di 17 bulan padahal dari awal saya selalu berkoar-koar kepadanya untuk menyapih saat 2 tahun?? mungkin saja, dan hanya saat dalam hati saya memutuskan kembali untuk tetap memberikan asi sampai 2 tahun, dia langsung tenang. Subhanallah....
Maafkan bunda ya Kynan... insya allah bunda bisa menepati janji itu, bunda akan berusaha... 
Semangat untuk para mommy.... :)



30 komentar:

  1. ooowwwhhhhh.....terharu,gitu ya jadi emak???hohoe...galaunya kalau mau nyapih hehehe
    Kynan,tos dong sama tante manis *byor* !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya mak.. dan kayaknya kebanyakan galau aku ini wkwkkw,
      yukk tante toss ama Kynan :)

      Hapus
  2. Kl kynan sdh ndak mau nenen, bapaknya yg skg musti diawasi tuh!!!

    #lemparElpiji

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau elpiji warna biru apa ijo pak??
      :)

      Hapus
  3. Sm kyk si bungsu saya yg sdh hampir 2 tahun nih... persiapan menyapih juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat buat ibunya Zaki ya pakk :)

      Hapus
  4. kayaknya emang bundanya yang belum niat nyapih :D semoga kynan lulus ASI 2 tahun.

    emang perlu persiapan berbulan-bulan sebelumnya ya biar nyapihnya nggak pake drama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, aku belum siap dan memang belum persiapan sih, hanya selalu berulang-ulang kalau saat 2 tahun nanti sudah tidak boleh nenen lagi :)

      Hapus
  5. Nophi, fotonya bagus deh... ^_^
    hehehe... menepati janji kpd anak itu sangaattt penting...
    aku kadang hrs berulang kali minta maaf sm vania jg noph klo ndak sengaja nggak menepati janji.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak Thia :)
      Iya mbak, padahal aku kira itu hal kecil, ternyata namanya janji tetap janji dan harus berusaha menepati ya mbak :)

      Hapus
  6. Kynan lemas kurang ASI, makannya minta digendong. Hihihi

    BTW, ASI eksklusif baiknya 2 tahin kan, mba?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... iyaa maunya ASI teruss :p
      betul Idah, memang lebih bagus 2 tahun, emaknya nyoba nawar maksudnya :p

      Hapus
  7. wah, udah 17 bulan ya, mak?. moga makin sehat, pinter, dan ceria ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak... udah gedhe hihhi, makasih ya doanya :)

      Hapus
  8. anaknya cakep... kiyut banget... nggemesin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, Makasih mbakkk :)

      Hapus
  9. semoga dedeknya bisa ASIX kembali sampai 2 tahun,
    bunda menepati janji, Kynan juga tenang.

    BalasHapus
  10. so sweeet :') semangaaatt ASI sampe 2 taun mba. Kynan sehat2 & makin pinter ya nak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya allah :)... makasih tante dian :)

      Hapus
  11. Selama anaknya masih mau dan blm 2 th terusin aja nop, sayaaaang..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mbak Pu.. rencananya memang begitu semoga lancar yaa doakan :)

      Hapus
  12. masa2 menyapih memang suka bikin mellow ibunya. Semangat terus, Mbak. Semoga bisa menepati janji :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin.. mbak Myra.. semangat-semangat.. :)

      Hapus
  13. Semangat mba Nophi... waktu aku dulu kakak Keisha minum sufor, adik Daanish Asix sampe 2th 4bulan. Daanish susah lepas nen dgn wwl, drama banget, pdhl sudah disugesti sejak menginjak umur 2 tahun tiap mau tidur selalu dibilangin "udah gede, udah 2 thn, nennya minum susu digelas aja ya" .dll dst dsb, tp tetep ga berhasil hikss ..terpaksa emaknya olesin odol tipis baru berhenti nen anaknya... duuuhhh.... *tutup muka pake panci*

    BalasHapus
  14. Semoga bisa dilanjutkan lagi tuntas 2 years

    BalasHapus
  15. @deva iya mbak, ini Kynan juga semenjak satu tahun udah dicampur susunya tapi tetep pilih ASI kalau ada emaknya hehe

    @Rachmat Tubagus Makasih pak, aminn semoga ya :)

    BalasHapus